Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sepertinya sudah tidak ada lagi barang dirumah ini yang bisa aku selamatkan. Pasti mama sudah merawatnya terlebih dahulu kemarin. Sayang...

Sebuah Rahasia [Eps 4]


Sepertinya sudah tidak ada lagi barang dirumah ini yang bisa aku selamatkan. Pasti mama sudah merawatnya terlebih dahulu kemarin. Sayang, kemaren aku lupa menanyakannya. Harus sabar nunggu mama pulang dari surabaya seminggu dulu deh! Baru saja aku melangkah meninggalkan bekas rumahku ini, aku seperti mendengar seseorang yang memanggilku.
 
“Anggaaaaa, anggaaaaaa, itu kamu nak???”
“Eh, bude ratna... iya bude, ini angga. Apa kabar bude?” Aku menghampiri bude ratna yang sedang menyirami tanaman didepan rumahnya, dan segera aku mencium tangannya.
“Bude baik nak, gimana dengan kamu? Sudah baikan kan? Maaf, bude belum bisa jenguk kamu, pasca pulang dari rumah sakit kemaren. Rencana baru ini nanti mau kesana. Malah uda liat kamu disitu. Masuk yuk nak, sudah sarapan belum?” tanya bude ratna sambil menarikku dalam rumahnya.
“Sudah kuq bude, emmm pakde jarot kemana bude? Kuq sepi?” Tanyaku setelah tidak mendapati pakde diteras. Biasanya jam segini, pakde jarot diteras rumah sibuk sama burung-burung kesayangannya. Maklum, pakde jarot adalah seorang pensiunan pegawai negeri, jadi uda gak ada kesibukan lain dirumah.
“Nah, itu dia ngga, pakde lagi sakit, uda seminggu ini, makanya bude belum bisa jenguk kamu. Tapi uda baikan kuq, itu lagi istirahat dikamar. Kamu masuk aja, pakde pasti senang sekali kamu dateng, dia pasti juga kangen sama kamu. Bude buatin minum pakde sama kamu  dulu sebentar ya didapur” jawab bude ratna sambil menuju dapur.
“Baik bude, angga kekamar pakde dulu, angga juga kangen sama pakde jarot” jawabku sambil menuju kamar pakde jarot.
Aku masuk kamar pakde jarot, yang tidak ditutup pintunya. Aku lihat pakde jarot berusaha beranjak dari tempat tidurnya.
“Angga, itu kamu nak?”  suara pakde jarot serak dan sedikit terbatuk-batuk.
“Iya pakde, ini angga. Udah, pakde tiduran aja, angga temenin disini” aku menjawab sambil menghampiri pakde jarot dan membantunya untuk kembali tiduran.
“Kamu sudah gak papa nak? Tadi pakde seperti mendengar suaramu, jadi pakde langsung ingin keluar kamar” jelas pakde jarot.
“Iya pakde, angga uda pulang beberapa hari yang lalu. Pakde kenapa? Kata bude sedang sakit? Cepat sembuh ya pakde” jawabku
“Iya, pakde gak papa, syukurlah kamu juga baik-baik saja sekarang, yang sabar ya nak, kamu sering-seringlah main kesini, anggap saja rumah sendiri. Kalau kamu merasa bosan atau sendirian dirumah idrus, kamu bisa menginap dirumah pakde. Pakde sama bude akan sangat senang sekali. Apalagi kak vika, pasti dia juga kangen sekali sama kamu” jelas pakde jarot.
“Iya pakde, angga juga kangen semua” sahutku

Ditengah obrolanku dengan pakde jarot, bude ratna datang membawa 2 gelas teh, untuk pakde sama untukku. 

“Kamu benar sudah sarapan ngga?” tanya bude ratna.
“Sudah bude, nih, perut angga sudah bulet” jawabku sambil menunjukkan perut kerempengku.
“Bulet apanya, kamu tampak kurus sekali, baiklah kalau memang sudah sarapan, berarti makan siang nanti kamu harus disini, sama bude pakde” tawar bude ratna.
“Iya bude, kalau memang bude memaksa” jawabku sambil tersenyum.
“O,ya. Bilang sama dik dian ya, makasih buat oleh-olehnya dari jogja. Tadi pagi-pagi, inah datang kesini ngasih oleh-olehnya. Katanya kalian kemaren liburan kejogja. Gimana, seru gak? Kamu memang butuh refreshing nak”
“Iya bude, seru sekali. Setidaknya beban dipundak angga terasa agak ringan sekarang” 

Bude ratna sama pakde jarot tersenyum mendengarnya. Setelah agak lama ngobrol dikamar, aku sama bude ratna nonton TV diruang tengah sambil cerita-cerita banyak sekali, sedangkan pakde jarot kembali istirahat. Mereka ini salah satu tetangga yang sangat memperhatikanku dari dulu. Mereka punya 3 anak, anak pertama lelaki namanya kak arif,  dia menjadi seorang polisi dan sedang bertugas di Riau. Anak kedua namanya kak Vika. Dia seumuran kak dion, sekarang sedang bersekolah juga tentunya. Dan satu lagi, anak ketiga namanya adi, dia seumuranku. Tapi sayang, umur 5 tahun dia meninggal, kata bude ratna karena demam berdarah. Mungkin itu juga yang membuat keluarga ini sangat sayang sama aku, mengingatkan mereka sama adi.
Sampai siang aku dirumah pakde jarot, membantu bude ratna memasak juga didapur. Bantuin nyicip maksudnya...hehe setelah itu, aku, pakde jarot dan bude ratna duduk dimeja makan, untuk makan siang bersama. Sambil menikmati menu makan siang, kami cerita banyak sekali sambil sesekali bercanda. Ditengah makan, terdengar salam dari luar.

“Assalamualaikum”
“Wallaikumsalam” Kami menjawab dengan kompak
“Eh, itu kak vika uda pulang sekolah ngga” kata bude ratna
Tak lama kemudian kak vika datang, dia sepertinya agak terkejut melihatku.
“Angga, itu kamu?” dia menghampiriku dan memelukku.
“Iya kak, kak vika apa kabar? Kuq uda pulang sekolahnya”jawabku
“Iya nih, jam terahir kosong, guru mapel nya lagi sakit, gak ada guru ganti, Cuma dikasih tugas, makanya kelasku pulang agak awal.hehe duh, kak vika kangen banget sama kamu ngga” kata kak vika sambil nyubit pipiku.
“Yaudah kak, skalian makan bareng sini, kita kan udah lama gak cerita-cerita”
“Oke deh, aku cuci tangan dulu ya”

Kami berempat makan bersama siang itu, aku sama kak vika asik bercerita, sedangkan pakde sama bude cuma mendengarkan kami cerita dan ngeliatin kita berdua sambil senyum-senyum.

“Eh ngga, katanya kemaren abis liburan ya? Kalian gak asik nih gak ngajak-ngajak..” gerutu kak vika
“Hehe iya kak, maaf abisnya gak kepikir juga sih, kirain kak vika liburan sendiri gitu sama cowoknya” jawabku sambil menggoda kak vika biar gak ngambek
“Cowok siapa, orang gak punya cowok. Maunya sih, kemaren ada yang ngajak, terus disana ada yang bilang mau jadi cowokku” kata kak vika dengan suara yang semakin pelan dan senyum-senyum gak jelas
“Apa kak?” aku meyakinkan apa yang aku dengar.
“Eh, gak papa. Lupakan aja.hehe” jawab kak vika salah tingkah.
“Eh, dion kuq gak ikut kesini ngga?” sambungnya
“Loh, kak dion kan masi sekolah, belum pulang, kuq kak vika tiba-tiba nanyain kak dion? Hayoooooo” jawabku menggoda kak vika lagi.
“Iiiiih,apaan sih, Cuma nanya juga!” kak vika makin salah tingkah.
Selesai makan, aku pamit pulang, takut nanti kak dion pulang dan tahu aku gak dirumah, pasti dia akan kawatir. Baru melangkah keluar dari rumah pakde jarot, kak dion datang masih dengan sragam sekolah.
“Anggaaaa, kamu disini. Kak dion cariin juga! Bikin kawatir aja kamu” kata kak dion terdengar panik.
“Iya kak,maaf. Tadi angga Cuma mau maen,soalnya bosan dirumah sendirian. Terus disuru bude ratna makan siang bareng. Ini baru mau pulang” jelasku
“Kak vikaaaa, dicari sama yang kamu cari tadi niiiih” Teriakku kedalam rumah
“Siapa ngga???” Kak vika lari keluar dengan semangat sekali.
“Eh dion, uda pulang?” lanjut kak vika salah tingkah
“Uda vik, kamu kuq uda dirumah” jawab kak dion
“Iya, tadi pulang awal. Eh,udah makan belum?” tanya kak vika
“Udah kuq tadi, disekolah. Oke deh, aku sama angga pulang dulu ya” jawab kak dion
“Yah, kak dion, kak vika nya kan masi kangen...” godaku
“Anggaaaaaa, apaan sih” pipi kak vika memerah
“hehehe, ciyeeee maluuuu-maluuu, tadi aja nyari-nyari...hahaha” godaku sambil menarik tangan kak dion berlari pulang.
“Anggaaaaa, awas ya kamuuuuuu” Teriak kak vika.

Aku dari dulu memang suka godain kak vika sama kak dion. Kak vik sih, suka sok ngambek kalau aku godain gitu, tapi aku tahu kuq dia seneng juga. Soalnya dari gelagatnya memang kadang suka keliatan kalau dia suka sama kak dion. Tapi kak dion nya selalu cuek. Gak tau deh kenapa. Kasian juga kak vika. hehe
Selama hampir seminggu, kesibukanku hanya seperti itu. Kadang, arin sama risky suka maen juga kerumah, sekedar belajar bareng, atau ngajak jalan-jalan. Hari ini hari sabtu, kata mama, senin uda boleh masuk sekolah! Asiiiiik, bakal ketemu temen-temen sama guru-guru lagi. Tapi, sepertinya aku harus kerja keras. Itu karena aku sudah tertinggal banyak pelajaran, sedangkan 3 bulan lagi sudah UAN. Aku baru keluar kamar, tiba-tiba telfon berdering.

“Hallo, assalamualaikum” kak dion mengangkat telfon.
“Owh, iya mah.. iya, nanti dion sampaikan ke angga... oke, bye ma... walaikumsalam” Lanjut kak dion.
“Telfon dari mama ya kak?” tanyaku
“Iya, katanya papa mama belum bisa pulang, soalnya harus langsung terbang ke batam. Katanya bisnis disana ada masalah, makanya papa harus segera cek kesana. Oya, kata mama hari senin kamu sudah boleh sekolah. Tadi mama juga sudah ngirim uang kerekening kakak, katanya itu uang tambahan buat jajan sama jalan-jalan kita, biar gak bosan ditinggal lama sama papa mama” Jelas kak dion.
“Owh, iya deh kak. Angga juga udah bosan dirumah terus, pengin cepet-cepet sekolah” jawabku
Yah, berarti harus sabar lagi, buat nanyain kotak kayu itu sama mama. Yaudah lah, nanti pasti mama juga pulang.
“Eh, kuq malah ngelamun dek! sebelum masuk sekolah, gimana kalau kita besuk jalan-jalan? mau gak?” tanya kak dion.
“Kemana kak? Angga sih, mau-mau aja.hehe” jawabku
“Lihat aja besok! sekarang, kita keluar yuk, cari martabak, lagi pengin nih...hehe” ajak kak dion.
“Kayak orang ngidam aja kak.hahaha” jawabku

Kak dion mengajakku jalan malam itu, nyari martabak telur. Aku agak kikuk pas dibonceng motor kak dion. Kak dion menyuruhku untuk pegangan, dan aku lihat kanan kiri, yang berboncengan dijalan kebanyakan sepasang kekasih, karena memang pas malam minggu. Sempat aku bertanya pada kak dion, kenapa malam minggu gak pernah keluar ngajak jalan temen ceweknya, atau pacarnya mungkin? Tapi dia bilang, belum nyaman, belum ada yang pas dihati. Padahal kalau lihat kak dion, gak mungkin ada cewek yang nolak diajak jalan sama dia. Ganteng, gagah, tajir, dan gak neko-neko! Kurang apa coba? Setelah dapat martabak, kami pulang dan kak dion makan ampe habis! Udah kayak orang ngidam beneran!  

Pagi ini aku bangun pagi sekali dengan semangat untuk siap-siap, karena kak dion janji mau ngajakin jalan-jalan. Aku membawa tas berisi baju ganti. Kak dion yang menyuruhku untuk membawanya. Kira-kira mau kemana ya? Setelah mandi, aku sarapan nasi goreng yang sudah disiapkan bik inah dimeja makan.

“Udah siap dek?” kata kak dion yang tiba-tiba datang dan ikut sarapan.
“Udah dong, abis sarapan, kita berangkat ya kak! Emm emang mau ngajak kemana sih?” tanyaku
“Nanti juga tau” jawab kak dion sambil senyum.

Selesai sarapan, kami berangkat naik motor kak dion. Kak dion menyuruhku untuk memakai jaket. Aku cuma diam selama perjalanan, sambil pegangan kak dion dari belakang. Kira-kira perjalanan kurang lebih satu jam menuju karanganyar. Dan setelah sampai, parkir motor, dan melewati jalan dan anak tangga, sampailah kita disebuah air terjun! Wow, sejuk dan indah sekali! Kak dion mengajakku ke air terjun Tawangmangu! Agak ramai hari ini, karena bertepatan hari minggu. Kami menikmati pemandangan yang masih asri  dan udara sejuk sambil bermain air yang amat sangat dingin! Tapi segar sekali rasanya, dari ujung rambut sampai keujung kaki. 

“Udahan yuk dek maen airnya, tuh kamu ampe kedinginan gitu” kata kak dion
“Bentar lagi kak, seger banget nih... kan jarang-jarang nemu air se seger ini disolo.hehe” jawabku
“Yaudah, kak dion ganti baju dulu, ntar pas uda selesai, kamu udahan dan gantian yang ganti baju ya”  tegas kak dion
“Oke kak” Jawab ku sambil terus main air.
Gak terasa sudah berapa jam aku maen dibawah air terjun. Tanganku sudah keriput dan membiru, aku melihat kak dion dikejauhan sudah ganti baju dan melambaikan tangannya, menyuruhku untuk segera berhenti. Aku segera menghampiri kak dion dibawah pohon sambil menggigil, menahan dingin.
“Tuh kan, ampe kedinginan gitu! Lihat tanganmu, keriput, dan membiru kaya gitu, bibirmu juga tuh! Besuk-besuk lagi kak dion ogah, ngajakin kamu kesini lagi kalau ngeyel gak mau udahan gitu!” omel kak dion melihatku menggigil kedinginan.
“Gak papa kak, nanti pas ganti baju juga uda gak dingin lagi!” jawabku ngeyel
“Tuh kan masi ngeyel juga! Sini tanganmu!” kata kak dion sambil narik tangan ku dan ia gosok-gosok.
Hangat sekali rasanya, aku hanya diam sambil senyum-senyum melihat wajah kak dion yang sedang ngomel sambil menggosok-gosok tanganku dan sesekali meniup-niupnya untuk menghangatkanku.
“Cuuuuup!!!”  Aku mencium pipi kak dion, dan segera berlari menuju kamar kecil.

Bersambung...

0 coment�rios: